Tentang Maag

Tentang Maag

Maag adalah istilah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Di kalangan medis, penyakit maag ini dikenal dengan nama Gastritis atau radang lambung. Banyak orang yang menganggap bahwa hampir semua keluhan di daerah perut adalah gejala maag. Ini belum tentu benar. Dokter seringkali menemui pasien yang mengeluh di bagian pencernaannya dan berkata “Dok, maag saya kambuh”, padahal sebenarnya pasien tersebut menderita penyakit yang lain yang memang berhubungan dengan sistem pencernaan. Jadi yang pertama harus kita pastikan adalah apa betul kita sedang menderita penyakit maag.

Gejala maag yang paling umum adalah mual (kadang disertai muntah), kembung, sebah (perut terasa cepat penuh setelah makan sedikit), dan rasa nyeri atau perih di ulu hati. Umumnya gejala-gejala ini muncul setelah makan makanan tertentu seperti sambal, dan juga muncul saat kita terlambat makan. Tapi ada juga penderita yang gejala maagnya timbul secara periodik, misalnya setiap pagi hari atau bahkan setelah makan. Jadi, sebaiknya kita mengamati tubuh kita sendiri secara cermat. Bila anda mengalami gejala maag, coba ingat-ingat makanan dan minuman apa saja yang telah anda konsumsi akhir-akhir ini. Amati apa gejala maag anda timbul di saat-saat tertentu. Amati juga apa gejala maag anda mereda setelah minum obat maag atau antasida.

Menghindari Maag :

1. awal sakit maag itu bisa karena makan kita ngga teratur loh .. dan itu juga karena pola makan kita yang ngga teratur karena telat makan. aaat sistem pencernaan kita lagi diam karena cukup lama ngga bekerja, tiba-tiba kedatang makan yang kita asup sebanyak mungkin. Jelas lambung asam kita kaget dong, disuruh kerja berat tiba-tiba. Makanya mulai sekarang kita harus atur pola makan.

2. Kita juga ga boleh selalu dalam keadaan strees karena stress juga bisa jadi pemicu sakit maag loh.. saat seseorang sedang mengalami stress asam lambung orang itu akan naik sehingga menimbulkan luka. sebenarnya stress juga pemicu tertinggi penyakit maag, akan tetapi banyak orang yang tidak menyadarinya loh ..

3. walaupun kita belum kena sakit maag tapi ada yang perlu dihindari yaitu kita harus hindari namanya makan makanan yang berasa asam atau makan-makanan yang mengandung LES yaitu seperti terdapat dalam Kopi, Teh, pokoknya minuman yang mengandung LES, sebelumnya sih udah tahu dari info-info kenapa orang yang sakit maag ngga boleh terlalu banyak mengonsumsinya tapi stelah cari tahu dan tanya mbah Google ternyata, kafein mengandung senyawa yang namanya itu tadi LES (Lower Esophageal Sphincter) ternyata memberi dampak buruk terhadap asam lambung loh ..

4. dan hati-hati terhadap pemakaian pakain yang sempit atau ketat karena itu membuat perut dalam keadaan tertekan sehingga lagi-;agi asam lambung akan naik, karena tidak rongga leluasa untuk lambung. dan makanan yang kita makan akan naik. terlebih untuk perempuan bukankah, kita sebagai wanita ngga boleh memperlihatkan aurat tubuh kita.

5. Jauhi yang namanya ALKOHOL selain hukumnya haram karena bisa memabukkan ini juga memberi dampak buruk terhadap asam lambung. karena alkohol bisa meninggikan atau memberatkan kerja asam lambung.

Buat temen2 yang sudah menderita sakit maag, tidak salahnya mencoba ramuan tradisional sebagai alternatif untuk mengobati sakit maag.

Ramuan Obat Maag Alami I
Bahan:
Daun sembung tua …………. 5 lembar
Daun pegagan ………………. 25 lembar
Kencur tua …………………… 5 biji
Dlingo sepanjang ……………1 jari tangan
Cara meramu:
Cuci dan rebus semua bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa sekitar 3 gelas. Angkat ramuan dan saring.
Aturan pakai:
Minum ramuan dengan dosis sebagai berikut,
Anak umur 9 — 12 tahun, 3 kali sehari masing- masing 1/3 gelas.
Dewasa, 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas

Ramuan Obat Maag Alami II
Bahan:
Daun jambu biji …………….. 5 lembar
Pegagan ………………………. 10 lembar
Kencur ………………………… 5 biji
Ketumbar …………………….. 11 biji
Kayu Manis …………………. ½ jari tangan
Cara meramu:
Cuci bersih semua bahan, kemudian rebus bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa sekitar 3 gelas. Angkat dan saring.
Aturan pakai:
Minum ramuan setelah makan, dengan dosis sebagai berikut;
- Anak umur 9-12 tahun, 3 kali sehari, masing-masing 1/3 gelas.
- Dewasa, 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas

Untuk pengobatan, cukup pilih salah satu dari 2 resep obat sakit maag alami diatas. Biasanya, penyakit maag yang diderita akan segera sembuh. Namun demikian, jangan lupa untuk menjaga pola makan sehat supaya sakit maag tidak menyerang kembali.

Sekian,,Semoga informasi tadi bisa berguna buat semuanya.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar