Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer


Pola hidup sekarang dimana mata banyak digunakan secara berlebihan menyebabkan stres pada mata tanpa sering kita sadari. sadarkah anda jumlah orang yang memakai kacamata dari tahun ke tahun bertambah dengan drastis? Apalagi bagi orang yang bekerja di depan komputer. Berikut adalah tips-tips untuk menjaga mata kita agar tetap sehat bagi pengguna komputer :

1. Pilihlah monitor yang berbentuk LCD/plasma karena monitor ini dipercaya lebih baik daripada monitor yang model lama. Dan jika punya uang lebih, bisa membeli VGA yang bagus agar warna monitor tidak mengganggu kesehatan mata anda.

2. Coba menggunakan filter di monitor komputer. Filter ini berfungsi untuk menahan radiasi semaksimal mungkin agar tidak sampai ke mata dan tetap menjaga kesehatan mata anda

3. Jagalah jarak mata dengan komputer, idealnya adalah 30 cm.

4. Letakkan monitor sejajar dengan mata, monitor yg terlalu tinggi / terlalu rendah akan membuat mata tidak nyaman.

5. Atur warna pada layar monitor sehingga enak dipandang mata, jangan terlalu terang karena dapat menyebabkan mata menjadi silau, jangan juga terlalu gelap karena akan menyebabkan mata bekerja terlalu keras sehingga membuat mata menjadi cepat kering.

6. Perhatikan cahaya disekitar ruangan tempat kamu menggunakan komputer. Usahakan ruangan cukup cahaya, jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap karena dapat mengganggu kesehatan mata.

7. Setelah penggunaan komputer dalam jangka waktu yang lama, istirahatkan mata minimal 15 menit, kamu bisa melihat lihat keluar ruangan untuk menyegarkan mata, usahakan untuk melihat objek yang berwarna hijau seperti pepohonan dan daun daunan.karena menurut para peneliti, warna hijau mampu membuat mata kembali segar.

8. Penuhi nutrisi mata anda
dipertimbangkan adalah, semakin lama Anda memakai lensa kontak Anda, semakin tinggi resiko mata Anda terkena infeksi.

9. Letakkan kertas kerja agar mudah dibaca saat di depan komputer.
Jika anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Ini agar anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja anda, setelah membaca di layar monitor.

Marilah untuk menjaga kesehatan mata kita.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar